Apa Penyebab Ambeien

Wasir, atau sering disebut ambeien merupakan penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan. Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil. Tetapi umumnya, penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.

Penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit. Untuk penderita wasir kategori parah terkadang sulit diobati sehingga untuk mengobatinya adalah dengan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati.

 ambeien

Faktor penyebab Ambeien

  1. Faktor keturunan.
  2. Kehamilan karena perubahan hormonal.
  3. Obstipasi (konstipasi/sembelit) yang menahun.
  4. Penyakit yang membuat penderita mengejan, misalnya pembesaran prostat jinak ataupun kanker prostat, penyempitan saluran kemih dan sering melahirkan anak.
  5. Penekanan kembali aliran darah vena, seperti pada kanker dubur, radang dubur, penyempitan dubur, kenaikan tekana pembuluh darah porta (di dalam rongga perut), sakit lever jenis sirosis (mengkerut), lemah jantung dan lompa bengkak.
  6. Terlalu banyak duduk.
  7. Sakit diare menahun.
  8. Peregangan. Hal ini misalnya terjadi pada seseorang yang suka melakukan hubungan seksual yang tidak lazim yaitu anogenital.
  9. Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, sehingga terlalu keras saat mengejan di saat buang air besar.
  10. Faktor kegemukan.

Wasir dapat dihindari dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, yaitu makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Hindari makanan yang merangsang dan pedas. Kurangi rokok dan kopi, serta menjaga agar tidak sampai terjadi sembelit atau sulit buang air besar.

Sebenarnya serat bukan zat utama dalam memberikan energy pada manusia, tetapi serat ini mampu membantu mengatasi masalah pencernaan dan melancarkan pencernaan. Gejala yang sering dijumpai pada penyakit wasir adalah rasa sakit di poros usus dan rasa gatal, baik di dalam maupun di sekitar poros usus. Adakalanya dubur menonjol keluar yang kadang-kadang disertai pendarahan, tetapi ada kalanya tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>